“Badan lo enak banget ya, kecil. Jadi mau ngapa-ngapain gampang.”

Begitu kira-kira kalimat yang sering saya dengar dari mulut teman-teman saya. Satu sisi bersyukur karena dengan tubuh mini seperti ini saya masih diberikan kesehatan. Tapi di sisi lain, ada banyak hal yang nggak kalian ketahui mengenai orang-orang bertubuh mini seperti saya.

Dari dulu saya sering berkata pada teman-teman untuk bersyukur bagaimana pun bentuk tubuhnya. Mau ukuran besar ataupun kecil. Yang terpenting itu adalah kesehatan. Buat apa bertubuh indah tapi sakit-sakitan? atau mungkin yang lebih ekstrim lagi, buat apa bertubuh indah tapi nggak bahagia?

Ketahuilah bahwa memiliki tubuh mini seperti saya nggak selalu menyenangkan.Saya sering diremehkan orang karena dianggap anak kecil.Baik secara pemikiran ataupun kekuatan fisik.Yang jelas,saya harus bekerja keras dua kali lipat dari pada orang-orang yang bertubuh besar hanya untuk sebuah pengakuan. Saya juga kesulitan menemukan pakaian wanita yang cukup proposional untuk saya. Saya lebih sering mencari di bagian khusus anak-anak.

…sedih….

Tapi lebih sedih lagi ketika mengetahui banyak teman-teman saya yang bertubuh besar justru sangat ingin memiliki tubuh mini seperti saya. Banyak dari mereka yang rela diet habis-habisan bahkan sampai tersiksa karena menu makanan yang penuh dengan peraturan yang jumlahnya melebihi UUD 45. Akibat diet ketat itu banyak yang jatuh sakit.

Dari situ saya sadar emang manusia nggak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Merasa bahwa milik orang lain lebih bagus dibandingkan milik dirinya sendiri.

Mungkin ada baiknya mengenal tubuh kita lebih baik agar kita bisa lebih mencintai milik kita. Mungkin bisa dimulai dengan pertanyaan: ‘apa gue sehat?’, ‘apa ada masalah di organ tubuh gue?’ Dari situ baru kita bisa lebih fair sama tubuh kita.Kita tahu mana yang harus kita perbaiki tanpa harus memaksa tubuh kita mengalami ‘penyiksaan’ berlebih.

Udah tau kan kalo sekarang model-model catwalk sudah dilarang untuk melakukan diet ketat dan badan-badan model victoria secret terlihat lebih sehat-bugar? Karena mereka nemuin teori baru dalam menjaga keindahan tubuh: Pola hidup sehat

Seperti apapun bentuk tubuhmu, bersyukur itu penting banget.Menjaga kesehatan tubuh itu termasuk cara bersyukur.Kalo dengan pola hidup sehat tubuh kamu terlihat lebih kurus/ gemuk anggaplah itu bonus….

